Monday, August 13, 2012

Kota Cirebon


Posted by Iis on Apr 20, '09 2:33 PM for everyone
2 Malam liburan santai di Cirebon, tinggal di Grage Hotel J. RA Kartini No. 77 Cirebon. Hotel ini dalam area yg sama dengan Grage Mall. Mall terbaik di Cirebon. Dengan Kereta Api Argo Jati menempuh 3 jam perjalanan nyaman dengan pemandangan sawah ladang dikiri kanan gerbong kereta sepanjang perjalanan (kecuali antara Jakarta sampai Bekasi yang  penuh dengan bangunan rumah dan persimpangan jalan).
Wisata Kuliner Uhuy...
Pesona Kuliner Cirebon dengan nama2nya yang cukup menarik perhatian memang layak dicoba. Paduan antara makanan dari Jawa Barat (sunda), Jawa Tengah dan Jawa Timur serta Makanan Cina banyak mempengaruhi kulinernya. 
Dinner hari pertama di Hotel dengan menu Nasi Jamblang lengkap dengan segala lauknya, Tahu Gejrot, plus dessert Es Kelapa sirup Campolay, membuat setiap orang akan menunda diet yang sedang dijalaninya. Intip disini Kuliner Cirebon.Sarapan pagi di hotel sy mencoba Bubur dengan kuah sayuran bersantan dan Bubur Cirebon di hari kedua hmmm yummy.. sementara suami memilih Sup Mie Tahu yang berkuah bening juga yummy... Siangnya sy mencoba Docang yang cukup sehat. Di Sentra Batik Trusmi mencicipi Es Duren sirup Campolay pelapas dahaga disiang yg panas. Es Duren yang mirip dengan di Bandung, tanpa tambahan ketan hitam.
Wisata Sejarah
Cirebon merupakan kota pelabuhan, maka tidak heran bangunan peninggalan Belanda banyak terdapat di sepanjang jalannya. Gedung2 tua ini sebagian masih digunakan sebagai Kantor Instansi Pemerintah. Disamping itu Istana2 Kerajaan masa lalunya yang cukup terkenal masih menyisakan Bangunan Keraton seperti :
Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Keprabonan. Mesjid Merah Panjunan berada dekat Keraton kasepuhan dan masih digunakan saat Maulid Nabi. Mesjid Raya At-Taqwa terlihat paling bagus setelah direnovasi.
Wisata ziarah
Sunan Gunung Jati yang terkenal dalam sejarah dimakamkan di Cirebon. Makamnya banyak dikunjungi wisatawan lokal yang berniat berdoa di dekat makamnya. Disekitarnya banyak kios yang menjual bunga, jerigen air (untuk wadah air sumur dari makam), serta pernak pernik untuk ziarah ke makam.
Wisata Belanja
Sentra Batik Trusmi merupakan tempat belanja batik Cirebon yang cukup menarik, berlokasi di Plered Cirebon. Harga batiknya mulai dari R.20 ribu sampai jutaan rupiah tersedia disini.
Oleh2 dari Cirebon juga jangan dilupakan.
Aneka kerupuk kulit, mulai dari kulit Sapi, Kulit Kerbau, Kulit Ikan. Juga aneka kerupuk, yang paling unik adalah Kerupuk Mlarat. Cemilan simpringnya juga dengan aneka rasa mulai dari Udang, kelapa, keju dan lain2. sirup Campolay dengan aneka rasa dan warnanya.
Tape ketan dalam wadah ember plastik kecil, Terasi Udang dan cemilan lain merupakan daya tarik kota Udang Cirebon.
Nah.. selamat wisata ke Cirebon.

No comments: