Monday, August 13, 2012

Membasmi Ulat Hijau


Posted by Iis on Jan 9, '09 11:37 AM for everyone
Ini Ulat Hijau yang seringkali hadir di lembaran daun2 tanaman sy di depan rumah. Rakusnya bukan kepalang, dalam 24 jam lembaran daun besar-besar bisa habis semua. Bahkan pernah tanaman satu pot tinggal batangnya saja.
Gimana caranya mencegah kehadiran ulat-ulat hijau yang ukurannya sebesar pulpen ini?
Selama ini sy cuma berburu saja, kalau ada daun sudah tampak digigiti maka sy akan mencari ulatnya, pasti si ulat lagi asyik sembunyi dibalik daun tersebut (dibagian bawah daunnya).
Sebagai ilustrasi sy sertakan disini wajah si Ulat Hijau yang gemuk itu.

Akhirnya dari hasil brosing dapat nih cara2 membasminya. Sy tulis disini dari sumber http://www.situshijau.co.id
Mudah2an bisa bermanfaat bagi teman-teman dengan masalah yg sama.

Pemberantasan hama yang ramah lingkungan, umumnya memakai bumbu dapur atau tembakau.

Caranya : Rendam sebanyak 1/2 kg tembakau dalam 2 liter air, diamkan selama 2 hari. Masukkan gerusan kapur tulis yg telah dihaluskan sebanyak 4 butir. Setiap 2 sendok rendaman dicampur dengan 1 liter air. Semprotkan pada pohon yang sedang terserang hama. Lakukan berulang-ulang sampai tuntas.
Cara kedua dengan menghaluskan jahe,dan bawang putih banyaknya masing-masing 1 ons, kemudian campur dengan tembakau dalam jumlah yg sama, kemudian rendam dalam 5 liter air selama 2 hari. Dalam wadah tertutup rapat.
Waktu menyemprot dilakukan pada sore hari, sisa bahan penyemprot bisa disimpan selama kurang dari 1 minggu. Simpan ditempat teduh (jangan terkena matahari).
Ada juga pencegahan alami untuk mencegah datangnya hewan pengganggu dengan menanam beberapa jenis tanaman dengan bau menyengat. Pohon Sereh atau Kemangi mampu menolak beberapa jenis hama. Aromanya yg khas dapat menjadi penghambat hama untuk hinggap di tanaman.Selamat mencoba!

No comments: