Monday, August 13, 2012

Sayangi mata mu


Posted by Iis on Jan 15, '09 2:10 PM for everyone
Minggu, 11 Januari lalu sy dan suami menjenguk seorang teman yang sedang recovery setelah operasi mata. Kasusnya terbilang langka, kabarnya hanya 10% orang saja dari penderita gangguan mata yg mengalami hal seperti ini. Ya dia mengalami Retina yang sobek.
Dari penuturannya tidak ada keluhan apapun yg menyertai gejala/tanda sebelumnya, kecuali kadang muncul seperti seutas rambut didalam pandangan matanya, sampai akhirnya ia mengalami 1/3 gelap pada bagian sebelah penglihatannya. Itupun kadang bisa kembali seperti sedia kala. Sampai suatu saat ia mengalami 1/2 gelap pada matanya... dan tidak pernah kembali normal. Ternyata ia sudah mengalami robek retina 50% dibagian atas, sehingga yg terlihat gelap dibagian bawah pandangan matanya. Untungnya ini cuma terjadi disebelah matanya saja.
Dalam waktu 24 jam penanganan dokter segera dilakukan operasi retina untuk melindungi putusnya syaraf mata yg bisa menyebabkan kebutaan total.
Sampai dirumah masih terus terpikir oleh sy apa sih penyebab lemahnya retina mata? begitu meraih Kompas Minggu, salah satu penyebabnya ada disini. Dan disini salah satu cara mencegahnya.
 Nah teman-teman, sy cuma ingin share supaya kita lebih peduli pada kesehatan sebelum semuanya menjadi terlambat.
(sumber gambar : medicalimages.allrefer.com/large/retina.jpg)

No comments: