Monday, August 13, 2012

Kaktus Awet tanpa diurus


Ini Kaktus yang terbuat dari adonan tepung jagung. Awet seumur hidup tanpa disiram, saya buat saat belajar membuat bunga dari adonan tepung jagung di Tehran.


Tanaman yang cukup mudah di rawat ini, bisa lebih meringankan pekerjaan kita lagi kalau kita mau bikin sendiri. Gak perlu perawatan seumur hidup bisa terus kelihatan hijau dan segar, enak dipandang mata.
Lumayan buat dekorasi didalam rumah. Murah meriah gak membebankan isi dompet. Gimana caranya? Ini bukan tanaman betulan, tapi Kaktus yang terbuat dari adonan tepung jagung.  Ini hasil belajar tingkat dasar cara pembuatan bunga dengan adonan tepung jagung.


Membuat Adonan untuk Bunga dari Tepung Jagung
1. Gabungkan dalam Panci Teflon :
   1 cangkir Lem Kayu merek Fox
   1 cangkir tepung jagung / Maizena (cornflour)
   2 sendok makan minyak Vaseline (tidak jeli) - jika tidak tersedia ditempat tinggal anda,  pengganti minyak bayi (baby oil) atau minyak mineral farmasi
   1 sendok makan air jeruk, 1 sendok makan gliserine
• 2. Masak pada api kecil aduk terus selama 10 menit atau sampai adonan berbentuk spt Lilin Clay yg bisa dibentuk tangan. Jika Anda memiliki kompor gas, Anda mungkin perlu menggunakan panas diffuser di bawah panci untuk menghindari pembakaran adonan.
Masak sampai matang, tandanya kalau lem sudah tidak lengket ditangan artinya sudah matang (kira2 20 menit).
• 3. Angkat dan dinginkan pada suhu ruang  sampai Anda dapat membentuk adonan ini. 
• 4. Uleni sampai jadi adonan dengan consistency yang bisa dibentuk.
• 5. Simpan dalam lemari es, sampai adonan siap di bentuk
• 6. Cat Oil painting dan cat semprot akrylik dapat digunakan untuk mewarnai adonan.
Nah, kalau sudah jadi adonan ambil secukupnya ditangan campur dengan warna cat untuk melukis (oil painting). Campur terus sampai warna jadi rata. Trus simpan ditempat tertutup, ambil sebagian yang akan dibentuk bunga sesuai yang akan dibuat. Sisa adonan simpan dalam tempat tertutup dan masukan dalam lemari es (tahan 1 minggu). 
Ada beberapa alat bantu supaya texture kelihatan seperti kaktus yang asli. Kadang ada tambahan bahan dari bener2 real material seperti rumput2an kering. Pokoknya asyik buat menyalurkan hobby... daripada ngegosip yang engga ada manfaatnya, mending bikin Kaktus deh, bisa buat souvenir kalau ada teman yang ultah atau hari2 specialnya.... 

No comments: