Monday, August 13, 2012

Demo mengukir Buah dan Sayuran


Mengukir buah dan sayuran adalah seni untuk menunjang penampilan hidangan diatas meja.Para chef di Hotel selalu menambahkan hiasan dari sayuran dan buah-buahan yang bisa di makan menyertai hidangan yang dibuatnya.
Dengan ukiran buah dan sayuran ini makanan terlihat lebih cantik dan menggugah selera makan. Sebelum merasakan kelezatan hidangan, biasanya indera mata sangat berperan dalam proses menyantap hidangan setelah itu diikuti indera pengecap.
Kalau anda mengundang tamu dirumah, jangan lupa untuk mempersiapkan hidangan yang disertai ukiran buah dan sayuran yang simple tapi elegan. Apapun acaranya, apakah itu buffet, ditempatkan diatas meja sebagai centerpiece, ukiran buah ini menambah elegan dan style dari hidangan.
Keterampilan ini sangat mudah dipelajari serta peralatan yang diperlukan pun sederhana, pada dasarnya hanya pisau yang runcing dan tajam. Seperti gambar di posting berikutnya diatas (Cari di Toko yang menjual alat dapur dari Thailand) Peralatan lain: gunting, tusuk gigi, talenan, pisau bergerigi dan pisau dapur. Keterampilan ini bukan milik mereka yang berbakat seni saja. Semua orang bisa membuatnya sendiri. Yang dibutuhkan untuk menguasai keterampilan ini adalah: Kesabaran, Ketekunan, dan Keinginan untuk selalu mencoba lagi jika mengalami kegagalan hingga berhasil.
Jenis buah dan Sayur
Aneka macam buah dan sayuran segar bisa digunakan untuk carving serta dapat disesuaikan dengan suasana dan musim buah yang ada.
Pilihlah jenis buah dan sayuran yang sesuai dipadu dengan jenis hidangannya. Carilah warna kontras agar hidangan bisa tampil memikat. Kombinasikan warna buah dan sayuran supaya tidak tersamar dengan makanannya.
Misalnya untuk:
Hidangan Ikan diberi warna kuning atau orange dari jeruk.
Hidangan Steak daging diberi warna merah dari tomat.
Hidangan Nasi Goreng diberi warna hijau dari timun, dsb.
Disini kita belajar tehnik carving dengan pola. Kita gunakan buah yang besar serta mudah diukir seperti semangka, pepaya dan Melon cantalop. Dengan pola yang sama seperti pada sayuran dan buah yang kecil seperti pada wortel dan kentang, Mulailah dengan sayuran kecil terlebih dahulu untuk membiasakan tangan anda, seperti pada tomat, mentimun dan lain-lain. Fruit Carving ini juga dapat jadi pilihan hadiah yang menarik untuk seseorang yang anda sayangi. Selamat mencoba dan menikmati hasil karya anda. Demo Arisan DWP KBRI Kuala Lumpur 28 Maret 2005

No comments: