Monday, August 13, 2012

Dessy Debat di UN

Posted by Iis on Mar 8, '08 6:19 PM for everyone
Dessy dan 9 orang temannya baru aja selesai ikut Model United Nation (MUN) selama 2 hari full day, aktivitas mewakili sekolahnya dalam Ajang Debat MUN, yang diselenggarakan di Alice Smith International School Kuala Lumpur. Pesertanya wakil dari tiap Sekolah Internasional di Malaysia.
Program ini merupakan program PBB (United Nation) dalam rangka memperkenalkan Tata cara Sidang PBB kepada siswa Sekolah International di Malaysia. Program rutin yang berlangsung tiap tahun ini mendidik anak-anak untuk mempelajari persoalan berbagai negara serta mencari solusi bersama.
Dessy menjadi Delegasi negara Nicaragua dalam sidang General Assembly. Bahan dan latihan disekolahnya dipersiapkan sebelumnya. Akhirnya Dessy merasakan bagaimana seolah-olah menjadi seorang Delegasi Sidang PBB seperti yang selama ini jadi tugas Ayahnya. Cita2nya memang mengikuti jejak ayahnya, sehingga Dessy begitu senang bisa ikut ajang debat ini.
Kemarin, hari pertama acara ini digelar. Sampai dirumah wajahnya kelihatan cape dan kusut, "Ma, ternyata ikut Sidang PBB itu stress ya... sekarang aku bisa merasakan bagaimana ayah begitu stressnya menjadi delegasi sidang". Begitu katanya. Saya tersenyum mendengar Dessy mulai mengerti pekerjaan yang menjadi cita2nya. "Sayang, kamu baru mewakili negara orang sudah stress, bayangkan bagaimana ayah berdebat masalah negaranya sendiri, sambil membawa rasa nasionalisme didadanya... namun harus tetap patuh dengan aturan main internasional yang sudah digariskan", begitu sy membathin.
Hari ini Dessy kelihatan lebih ceria, dia telah sanggup berdebat menghadapi teman2 dari berbagai Negara disana... dengan bangganya dia bilang bahwa hari ini dia lalui semua dengan lancar dan penuh percaya diri. Alhamdulillah..
Gambar Atas : Dessy persis ditengah-tengah. Gambar Kanan bawah : Kelas MUN di sekolah Alice Smith KL.

No comments: