Tuesday, August 14, 2012

Tour Ke Pulau Pinus (ils of Pines)


Posted by Iis on Jan 10, '12 10:57 AM for everyone
Minggu, 8 Januari 2012 Pengurus DWP Noumea relax sejenak jalan-jalan di Pulau Pohon Pinus (ile des Pins) dihari yang cerah, kami berangkat jam 7 pagi, dengan Kapal Ferry Betico 2 (kapasitas 358 orang penumpang), perjalanan ditempuh dalam 3 jam. Pulau ini berada di ujung selatan New Caledonia, di Propinsi selatan, jaraknya 80 km kearah tenggara dari Noumea. Pulau berbentuk kerang dengan panjang 18 km dan lebar 14 km. Disebut 'ile des Pins' dalam bahasa perancis, atau "Kunyié" dalam bahasa kanak. (Lihat gambar peta dibawah)
Pulau yang indah pemandangan dibawah lautnya sehingga menjadi tempat favorit bagi penyelam serta tujuan wisata turis yang indah dan mahal di New Caledonia. Pulau ini juga mendapat julukan "serasa disurga", karena keindahannya. Penduduk aslinya Melanesia kanak dengan populasi diperkirakan 2000 jiwa (sensus 2006). Pulau ini kaya dengan hewan di lautnya, terutama terkenal dengan lobsternya.
Tiba di pelabuhan Ferry di Baie de Kuto, dilanjutkan dengan Bus Hotel menuju tempat beristirahat sejenak di Baie D'Oro, menempuh perjalanan 20 menit melewati jalan yang disekelilingnya merupakan hutan. Tidak terlihat banyak rumah penduduk selama perjalanan Bus yang melintas dari arah barat ke timur. Sepi, indah dan udara segar menemani saat perjalanan Bus. Sampai di Hotel disambut dengan keramahan gaya Pasific. 
Menikmati Makan siang di Restoran Kougnyi yang khusus menyediakan Lobster Panggang sebagai menu utamanya. Resto ini terletak hanya 15 menit berjalan kaki dari Hotel tempat istirahat, namun untuk mencapai resto kita harus melalui jalan setapak merambah hutan, karena tidak ada jalan yang bisa dilalui mobil. Jam 5 sore Betico 2 sudah berlabuh untuk kembali ke Noumea. Perjalanan pulang lebih singkat, hanya menempuh 2,5 jam saja dengan kondisi laut yang tenang. Tanpa terasa jam 8 malam sudah merapat di Pelabuhan Ferry Noumea. 
(Foto 1 :  saat makan Lobster, Foto 2 : Kapal Ferry Betico 2, Foto 3 : berjalan di hutan menuju resto Kougny tuk makan lobster) 


No comments: