Tuesday, August 14, 2012

Pulau Lifou Kaledonia Baru

Posted by Iis on Dec 28, '11 4:13 AM for everyone
Saat acara pernikahan Putera Mahkota Kepala Adat di Pulau Lifou, saya berkesempatan menikmati tour sehari dipulau ini. Lihat Album fotonya disini.
Perjalanan 45 menit dengan pesawat Fokker Air Caledonia dari Noumea. Pulau yang terletak disebelah kanan Grand Tere dimana Noumea berada. (Lihat gambar kiri, Lifou ditandai dengan Lingkaran merah huruf A). 
Luas pulau ini 1196 Kilometer persegi (panjang 81 km dan lebarnya antara 16-24 km). Pulau terbesar diantara 3 pulau yang berada di Kepulauan Loyalty ini memiliki beragam budaya dan suku.
Pulaunya lebih besar dari Tahiti dan Martinique, terbuat dari karang atol yang terangkat dengan geografis yang beragam dengan gua-gua kapur, pasir putih dipantainya dan kehidupan laut yang kaya dengan kerang. Walaupun tidak memiliki bukit dan sungai, namun penduduk Lifou paling padat dibanding 2 pulau lainnya. Berpenduduk 10 ribu jiwa, atau 10% dari penduduk Noumea (ibu kota New Caledonia). Pariwisata adalah industri utama dipulau itu. Pulau penghasil kopra, karet, vanili dan tebu ini tidak memiliki transportasi umum. Satu-satunya transportasi yang digunakan dipulau ini adalah Taxi, yang dikelola orang seorang pengusaha asal Indonesia, Bapak Sutikno yang memiliki puluhan taxi di pulau ini. Bahasa aslinya Dehru, bahasa perancis juga digunakan dan sedikit bahasa inggris. Penduduknya ramah.  Gambar Bawah : Mempelai menuju Gereja, duduk dipelaminan dan Airport Lifou.

No comments: