Monday, August 13, 2012

Tahun Baru Imlek


  Mid Valley dan KLCC
Mall2 di Kuala Lumpur menyambut Perayaan Tahun Baru China dengan dekorasi yang menarik.
Tahun Baru China merupakan waktu untuk berkumpulnya keluarga besar dan biasanya dengan acara makan bersama di Restoran, atau di rumah. Jadi jangan heran, apabila libur tahun baru china, restoran justru menjadi tempat yang super sibuk. Sementara toko lainnya tutup, restoran fully book. Sebaiknya kalau anda berniat makan di restoran booking lebih awal dari pada kecewa tidak dapat tempat nantinya.
Hampir di setiap restoran di KL menawarkan menu khusus perayaan Tahun Baru China.
  Yee Sang dan Dim Sum
“Yee Sang” adalah hidangan ringan tradisional untuk masa perayaan ini yang sudah dikenal sejak 1500 tahun yang lalu di China Selatan saat Dinasti Sung. Makanan yang terdiri dari sayuran mentah, seperti ketimun, wortel, serta sayuran lain yang biasa digunakan untuk asinan / salad ditambah dengan buah-buahan seperti dragon fruit, stroberi dan biasanya ditambah dengan ikan mentah seperti salmon atau ubur2 atau abalone atau lobster. Semua bahan diiris tipis memanjang seperti bihun, ditata dengan komposisi warna sayur dan buah yang kontras dan menggugah selera, juga melambangkan tahun penuh kemakmuran dan kesehatan yang baik. Istilah lainnya adalah “lucky shasimi dip”. Yee Sang ini terkenal di Malaysia dan Singapura, dan biasanya dinikmati pada hari ketujuh perayaan tahun baru. Di Indonesia saya tidak pernah melihat kebiasaan ini.
 Sau Koong
Perayaan ini belumlah komplit tanpa sajian 9 menu “Sau Koong”. Berisi Appetizer, Sup kental, Ikan, Ketan dengan Kepiting, Udang, Bebek Peking, Lobster Mini bakar dengan keju, Herbal china dan Buah tropis sebagai penutup, yang kesemuanya melambangkan kekayaan, kesehatan dan kemakmuran tahun baru.
  Pohon Jeruk dan Hiasan
Disamping itu, yang serba tradisional seperti : Pohon Jeruk, Jeruk Bali, Jeruk Mandarin, Kue Keranjang (dodol china) banyak menjadi pilihan hadiah untuk teman dan kerabat apabila datang berkunjung. Begitulah sedikit tentang Tahun Baru China. Khusus jeruk mandarin, saat inilah yang paling baik untuk melahap lebih banyak, lebih2 yang datang langsung dari China, maniiis nya seperti madu. Ini mengingatkan saya selama 4 tahun berada di Hong kong. Dekorasi yang serba merah dan merah muda (bunga sakura) karena juga menyambut datangnya musim bunga (spring) di beberapa daerah daratan China yang masih dingin.
 Barongsai, seperti Barong di Bali ya..
Juga Barongsai dengan atraksi akrobatnya yang sangat menarik. Begitulah laporan pandangan mata dari Kuala Lumpur. Kepada teman-teman yang merayakannya saya ucapkan "Gong Xi Fa Cai" jangan lupa bawa "angpau" ya... 

No comments: