Monday, August 13, 2012

Musibah Banjir Jakarta 2007


Sejak 2 Februari 2007 lalu, ekonomi Jakarta lumpuh. Banjir besar telah melumpuhkan segalanya. Listrik, aliran air PAM, akses internet tidak ada, sambungan telepon maupun seluler rusak. Tiba-tiba semua seperti kembali ke jaman dahulu kala. Gelap, dan yang sangat menyedihkan penduduk Jakarta terpaksa hidup bersama air berwarna kecoklatan. Semua barang keperluan rumah tangga ditelan air bah. Dan yang lebih mencengangkan, ditengah musibah semua ini, tiba2 biaya hidup melonjak tinggi. Untuk mendapatkan air minum per gallon bisa di dapat dengan harga Rp 50 ribu. Alat transportasi untuk evakuasi berharga sangat tinggi. Melalui Milis HIASMA (Himpunan Alumni SMA 2 Angkatan 82) teman-teman yang menjadi korban banjir bercerita. Juga teman para relawan dilapangan. Inilah cerita mereka :
Sorry, gak bisa kasih laporan banjir di kelapa gading, karena rumahku juga kebanjiran, didlm rumah sedengkul, diluar/jalanan sepaha/sepinggang, otomatis lampu mati n gak bisa akses komputer, banjir kali ini lumayan gede n sepertinya seluruh kelapa gading kebanjiran.. . aq gak ngungsi kemana-mana, nangkring aja di lt.2 kaya monyet..he.. he...he..
 
Di Kelapa Gading naik kereta sampah dorong gak gratis... bayar 50rb, perahu karet juga bayar 150rb-an. cuma naik truk marinir tentara yg gratis tapi cuma sampe lampu merah dpn kelapa gading - rawamangun, selanjutnya terserah anda... Maria/Giok Lan
Ery yang sibuk menolong evakuasi orang tuanya yang tinggal di Pulomas menulis, betapa ngerinya melihat kondisi disekitar sana, ada rumah yang porak poranda dan hanyut dibawa air. Saat naik Kereta dorong yang biasa digunakan untuk pengangkutan sampah, hatinya ciut… bagaimana kalau sampai terbalik dan nyempung dalam air banjir.
HIASMA membentuk Tabung Hiasma Peduli untuk menolong teman serta penduduk Jakartadan sekitarnya yang menderita cukup parah. Sumbangan bisa di transfer melalui account no :497-0323878, BCA KCU SERPONG a/n Helvina Ekuwi. Dana yang masuk untuk kas sosial akan dipergunakan hanya untuk kegiatan sosial.Yang di maksud dengan kegiatan sosial antara lain: Bencana Alam, kunjungan ke panti Asuhan/ Jompo, Pengobatan gratis dll. Bendahara akan melaporkan pemasukan dan pengeluaran dana setiap 3 bulan. Rincian pemasukan tidak di sebutkan satu persatu, kami menghargai semua sumbangan yang kami terima, tidak dari besarnya dana tapi dari niat anda untuk membantu.Rudy Techrisna
 
Ket : Evakuasi Korban di Bukit Duri dekat Kampung Melayu dan kondisi Jalan Perdatam 6
Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan2 di-hiasma yg dgn tanpa pamrih mau berempati kepada korban banjir di daerah Bukit Duri, seputar SMAN.8 dan Dipo kereta Api Bukit Duri...Itu adalah Ucapan Bapak Wakil Lurah Bukit Duri, Bp.Asep, yg disampaikan kepada kita, pada saat menyerahkan bantuan makanan dan sedikit obat2an.
kepada rekan2 yg berkeinginan untuk menyumbangkan bantuannya, kami memohon kerjasamanya untuk tidak lagi mengirimkan sembako ataupun pakaian layak pakai, karena berdasarkan situasi real dilokasi bencana, yang sangat dibutuhkan saat ini adalah obat-obatan.
Memasuki hari ke-empat pasca bencana, setiap hari posko kesehatan yg kami pantau, menerima kurang lebih 200 (duaratus) orang pasien.
Adapun jenis penyakit penyakit yg diderita : DIARE, ISPA, GATAL2,INFEKSI.
Obat yg sangat dibutuhkan saat ini adalah ATS
 (Anti Tetanus Serum), Antibiotik, CTM, PARASETAMOL, VITAMIN2.
Inilah sekelumit informasi yg bisa kami berikan kepada rekan2 semua, untuk informasi lanjut dapat menghubungi 
Frederick di 08882546396 atau dapat langsung datang ke POSKO BANJIR JAKARTA RESCUE RT.12/12 BUKIT DURI.Tuhan memberkati.
Atas kerjasamanya kami dari Jakarta Rescue mengucapkan Terima Kasih
Wassalam,
a/n. 
Jakarta Rescue (Fredrik Simbolon)

Kemarin siang jam 14.10 saya sudah bertemu dgn Erni di daerah grogol, sekedar bantuan makanan, minuman dan obat2an telah diterima yang bersangkutan, air masih menggenang sekitar 60-70 cm untuk kawasan tempat tinggalnya. (Benny, relawan yang berada dilapangan menulis)
Saudara kita sedang tertimpa musibah, semoga dikuatkan dan tabah dalam menghadapi cobaan ini. Bagi yang ingin membantu silakan tranfer ke nomor rekening diatas. Trims. 

No comments: