Monday, August 13, 2012

Ketrampilan menjahit


Posted by Iis on Apr 11, '07 5:30 AM for everyone
Pagi tadi para TKW bermasalah yang berada di Shelter KBRI KL belajar menjahit. Kebetulan saya bertugas memberikan pelatihan tsb. Nah... dari pada nganggur yuk ikutan bikin. dibawah ini petunjuk pembuatannya lengkap dengan foto-fotonya. Waktu yang diperlukan untuk persiapan 1 jam dan menjahit 1 jam. Jadi cukup singkat dan menyenangkan, karena hasilnya langsung bisa kita gunakan atau kita jadikan hadiah untuk teman tersayang.
Keperluan Bahan : 1 Meter Bahan Batik, 1 meter Bahan Polos, 1/2 meter dakron, 1 meter tali kur, 2 buah beads (stopper tali kur)
Buat pola diatas karton manila seperti bentuk yang diinginkan. Disini pola dibuat dengan ukuran 50 cm x 35 cm
 
Gunting 2 lembar kain batik mengikuti pola, ambil yang selembar, gunting bagian tengahnya (gambar kanan)
 
Gunting untuk bagian tali 2 lembar ukuran 4 cm x 50 cm. Gunting bagian lapisan polos 1 lembar dan lapisan tali 6 lembar.
Gunting bahan dakron 1 lembar mengikuti pola, juga untuk tali 2 lembar dakron
 
Jahit bagian tali beri bisban di kiri kanannya.
Jahit lapisan polos, dakron dan bahan batik (jahit quilt)
Jahit bahan batik bagian atasnya, beri bisban lurus dan bentuk oval ditengahnya. Kemudian jahit bisban keliling bagian luarnya. Masukan tali kur dan batasi dengan stopper, ikat.
Nah... hasil karya anda sudah siap digunakan. Selamat mencoba semoga berhasil. Kalau ada yang ingin ditanyakan silakan isi ruang coment dibawah ini. Trims...
  Saat pelatihan berlangsung, Ibu Ugi Pramono ikut membantu.

No comments: