Monday, August 13, 2012

Makanan India


Posted by Iis on Dec 16, '07 9:40 PM for everyone
Sabtu pagi ini kita sarapan di Restoran Pelita (ini sejenis resto Mamak) yang menyediakan masakan Malaysia dengan pengaruh Indianya, seperti Roti Canai, Capati, Tosai, Nasi Lemak dan segala macam yang sudah terpengaruh masakan India. Sekali lagi, sy jadi terusik untuk bikin tulisan ini, karena sejak tinggal di Iran, yang juga masih di Asia Tengah, juga karena pergaulan dengan teman2 India, Sri Lanka dan Pakistan, buat saya masakan India menambah wawasan kuliner yang secara tidak sengaja sy lakoni setelah icip-icip di rumah para tetangga saya ini. Sebetulnya Masakan Betawi, Banten, Aceh serta beberapa daerah di Sumatra juga banyak terpengaruh masakan India ini, mungkin dulu saat para pedagang dari Gujarat mampir maka mereka juga membawa budaya makanannya. (Gambar atas : 2 gaya Tosai)

Masakan India :
Ayam Tandoori adalah masakanPunjabi yang keberadaannya dapat ditelusuri hingga jaman KesultananMughal di Asia Selatan. Makanan ini masih menjadi makanan popular di daerah tersebut dan juga di Asia Tengah. Daging ayam untuk masakan ini pertama-tama direndam adonansusu asam kental yang telah dibumbui dengan garam masala - bawang putihjahecabai dan macam-macamlada India tergantung dari resep rasa yang diinginkan. Biasanya masakan ini disuguhkan pedas, tapi kemudian dijadikan tidak pedas sesuai dengan cita rasa negara-negara Barat. Lada merah, bubuk cabai dan bumbu-bumbu lainnya memberikan warna merah pada daging ayam. Kunir(kunyit) memberikan warna oranye kekuningan. Sejalan dengan modernisasi, warna merah dan kuning ini adalah hasil dari pewarna makanan. Ayam Tandoori secaratradisional dimasak dalam oven bawah tanah (yang disebut tandoor di India) dengansuhu tinggi. Tapi, sekali lagi karena kemajuan jaman, masakan ini bisa disiapkan hanya dengan menggunakan panggangan biasa.
Kari adalah nama untuk berjenis-jenis makanan yang menggunakan campuran bumbudan rempah-rempah sehingga mempunyai rasa tajam dan pedas. Kari adalah masakan asal India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik. Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbarmericacabebubuk paprikajintan putihjintan maniskunyitkayu maniskapulagabunga lawangadas manisdaun kari dan cengkeh. Jenis bumbu dan rempah yang digunakan juga bergantung pada jenis masakan dan negara asal masakan. Istilah "kari" berasal dari bahasa Tamil yang berarti saus atau berbagai macam masakan sayur-sayuran dan daging dari India Selatan yang dimakan bersama nasi putih. Di negara-negara Barat, "curry" adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk semua jenis masakan Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Bubuk kari (curry powder) adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris yang rindu pada masakan kariIndia. Daun kari adalah nama daun pohon kari (Chalcas koenigii) yang tumbuh di banyak tempat di India.
Martabak (murtabak) adalah makanan khas dari India yang terbuat dari telur. Bahan dasar Martabak adalah campuran telur bebek (atau telur ayam) dengan irisan daun bawang dan daging cincang (daging sapi atau daging kambing) yang sebelumnya sudah diberi bumbu, yang dibungkus dengan adonan kulit yang dibuat dari tepung terigu, air dan minyak goreng. Martabak digoreng di atas penggorengan datar dengan minyak yang banyak sambil dibolak-balik, sehingga adonan kulit menjadi garing dan renyah. Martabak dimakan dengan saus encer berwarna coklat tua yang merupakan campuran air dengan cuka, gula jawa dan gula pasir. Sebagai pelengkap biasanya juga disertakan acar ketimun dan cabe rawit. Di daerah Jakarta dan Jawa Barat, martabak dibedakan menjadi dua kategori: martabak manis dan martabak telur.
Roti jala adalah makanan yang berasal dari India dan di adopsi oleh Indonesia sebagairoti jala. Biasanya disuguhkan bersama kare. Di Aceh makanan ini terkenal disajikan dengan kari kambing dan buah nanas.

Masakan Tamil

Masakan Tamil adalah masakan yang berasal dari provinsi Tamil Nadu. Jenis-jenis kari masakan Tamil, misalnya kari kentang, kari ayam, dan kari kambing. Bumbu dan rempah yang digunakan antara lain daun kari, asam jawaketumbarjahebawang putihcabelada hitamkayu maniscengkehkapulagakunyit, biji palakelapa dan air bunga mawar. Masakan Tamil juga memiliki beragam masakan nasi dan lentil yang menggunakan bumbu kari. Sayur-sayuran dan produk dari susu juga merupakan pelengkap masakan kari ala Tamil.
Kerupuk Pappadum (Papad)
Kerupuk yang tipis renyah dari bahan kacang dal ini rasanya gurih sedikit asin, enak jadi teman makan nasi kandar, juga buat cemilan iseng.
(Kiri : Pappadum)


Bahan Makanan India :
Varq (Edible Silver Foil / Kertas aluminium Foil yang bisa dimakan) tadinya sy juga takut untuk makannya… (gambar dikanan)
Sirka (Vinegar / Cuka)
Subja Seed (Biji Selasih)
Sabudana (Sagu)
Makkika Atta (Tepung Jagung)
Sevian (Vermicelli)
Atta / Maida (Wheat Flour / Tepung Terigu)
Chaaval Kesev (Tepung Beras)
Anasphal (Star Anise)
Saunf (Fennel / Adas Manis)
Elaichi (Cardomom /  Kapolaga)
Jeera (Cumin / Jintan)
Haldi (Turmeric / Kunyit)
Kesar (Safron)
Dhania (Coriander)
Dalchini (Cinnamon)
Jungli Dalchini (Cinnamomum Cassia / Kayu Manis)
(sumber : Wikipedia)

No comments: