Tuesday, August 14, 2012

Kutum, sowan ala Kaledonia Baru

Posted by Iis on Jul 30, '12 5:42 AM for everyone
Melakukan Upacara Coutume (baca : Kutum) adalah ungkapan yang sering muncul dalam percakapan di Kaledonia Baru. "Coutume" merupakan upacara adat tradisional kebiasaan masyarakat Kanak yang dilakukan pada saat pertama kali mengunjungi wilayah orang Kanak di Kaledonia Baru. Hal ini juga berlaku bagi semua orang yang tinggal di Kaledonia Baru. Seperti halnya dengan "Sowan" dalam adat Jawa. 
Hal pertama yang harus anda lakukan saat pertama kali tiba disebuah wilayah suku kanak adalah pergi ke rumah kepala adat, untuk mengunjunginya dan meminta izin untuk berjalan diatas tanahnya. Setelah kepala adat atau orang yang dituakan telah menerima anda, ia ingin tamunya merasa nyaman. Maka tamu mereka kemudian akan diarahkan kepada orang yang bertanggung jawab untuk merawat mereka selama mereka berada ditanah suku tersebut. (Gambar diatas memperlihatkan barang-barang yang digunakan untuk pertukaran hadiah saat upacara Coutume).
Kapan harus melakukan Coutume ?
1. Ketika memasuki sebuah wilayah suku kanak untuk pertama kalinya.
2. Ketika diundang ke sebuah keluarga.
3. Ketika anda mengunjungi tempat khusus (air terjun, gua, pulau terpencil) yang tidak terbuka untuk wisatawan. Jika anda ingin masuk walaupun sebentar ke wilayah suku kanak.
Upacara dimulai dengan berdiri saling berhadapan antara tuan rumah dan tamunya, ditengah mereka terhampar barang-barang pertukaran hadiah berupa beberapa meter kain ("le manou"), tembakau (rokok) lembaran uang kecil (biasanya 1000 CFP) dan sebungkus kopi.  Kemudian  tuan rumah yang diwakili kepala adat berpidato kepada tamunya, dilanjutkan dengan pidato tamu kepada tuan rumah atau saling berkomunikasi. Kemudian mereka mengangkat hadiah pertukaran masing-masing sebagai tanda menerima dan mengucapkan terimakasih.

No comments: